Struktur Organisasi, Job Description & 4 Fungsi Perusahaan Jasa
Struktur Organisasi, Job Description & 4 Fungsi Perusahaan Jasa
Perusahaan Jasa
Struktur organisasi adalah kerangka
antar hubungan dari orang-orang atau unit-unit organisasi yang masing-masing
memiliki tugas, tanggung jawab, dan wewenang tertentu. Dalam menjalankan
kegiatan perusahaan diperlukan struktur organisasi serta uraian tugas yang
jelas dari setiap orang atau unit organisasi yang terlibat dalam organisasi.
Dengan demikian diharapkan adanya suatu kejelasan arah dan koordinasi untuk
mencapai tujuan perusahaan dan masing-masing personil atau unit organisasi
mengetahui dengan jelas dari mana mereka mendapat perintah dan kepada siapa
mereka harus mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya.
Hal dasar yang dapat dilihat pada struktur organisasi yaitu :
a. Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai pembagian
tugas serta tanggung jawab kepada individu maupun bagian-bagian pada suatu
organisasi.
b. Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan
pelaporan yang ditetapkan secara resmi dalam suatu organisasi, tingkatan
hirarki serta besarnya rentang kendali dari semua pimpinan di seluruh tingkatan
organisasi.
c. Struktur organisasi menetapkan pengelompokan individu
menjadi bagian organisasi dan pengelompokan bagian-bagian organisasi menjadi
suatu organisasi yang utuh.
d. Struktur organisasi mentapkan sistem hubungan dalam
organisasi yang memungkinkan tercapainya komunikasi, koordinasi, dan
pengintegrasian segenap kegiatan organisasi baik secara vertikal maupun
horizontal.
Salah satu perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang ada di Indonesia
yang bergerak di bidang jasa. Adapun pelayanan jasa yang diberikan adalah jasa
pengangkutan (Overbringgin, Stripping, Stuffing, dan ON/OF Container).
Jaringan usaha yang dilakukan:
1. Mengadakan pendekatan kepada eksportir/importir dengan
biaya murah.
2. Selalu mengadakan lobi dengan pihak pemerintah agar
biaya-biaya di pelabuhan tetap stabil atau tidak ada kenaikan.
3. Selalu menjaga agar jangan sampai terjadi klaim akibat
kerusakan barang baik ekspor maupun impor.
Rencana kegiatan :
1. Memperbesar usaha transportasi darat/angkutan.
2. Membuat pergudangan baru tempat penyimpanan barang
ekspor/impor.
3. Memperbanyak alat-alat mekanik agar kegiatan arus
bongkar/muat dalam keadaan stabil dan lancar.
4. Menjaga kelancaran pengurusan dokumen ekspor/impor agar
barang sampai ke tujuan tepat waktu dalam keadaan stabil dan lancar.
Pembagian tugas berdasarkan struktur organisasi :
A. Komisaris Utama
Komisaris utama merupakan pemegang saham terbesar dalam perusahaan yang
berwenang untuk menentukan arah dan tujuan perusahaan.
Tugas dan wewenang Komisaris Utama :
1. Menetapkan kebijakan perusahaan dengan menentukan rencana
dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang
2. Mengurus atau menyelenggarakan rapat-rapat direksi serta
menerbitkan notulen rapat baik untuk kepentingan operasional maupun
dokumentasi.
3. Memberikan pengarahan dan membuat program kerja
perusahaan.
4. Menyetujui strategi atau program kerja perusahaaan.
5. Dalam kesatuan direksi mewakili perusahaan dalam dan luar
pengadilan yang berhubungan dengan kepemilikan.
6. Mengkoordinir tugas direksi mengenai pertanggungjawaban
baik dalam bentuk laporan tahunan maupun tugas berkala lainnya.
7. Memimpin secara langsung kegiatan biro pengawasan intern
dengan bekerjasama dengan direksi lain.
8. Memimpin dan mengurus perusahaan sesuai dengan kebijakan
perusahaan dan senantiasa berusaha meningkatkan efisiensi dan efektifitas.
B. Komisaris
Komisaris merupakan salah satu pemegang saham yang membantu Komisaris Utama
dalam menyusun planning dan membantu tugas-tugas Komisaris Utama, diantaranya :
1. Mengendalikam seluruh kegiatan perusahaan dalam
pengembangan perusahaan.
2. Mengadakan pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan.
3. Mengadakan dan memelihara administrasi perusahaan dan
pengawasan pembuatan laporan tahunan untuk diajukan pada Rapat Umum Pemegang
Saham (RUPS).
C. General Manager
General Manager adalah pimpinan utama dalam pengambilan keputusan dan tanggung
jawab atas tercapainya tujuan perusahaan serta sebagai pengendali seluruh tugas
dan fungsi-fungsi dalam perusahaan.
Tugas dan wewenang General Manager :
1. Menetapkan kebijakan perusahaan dengan menentukan rencana
dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Mengkoordinir dan mengawasi seluruh aktivitas yang
dilaksanakan dalam perusahaan.
3. Membuat peraturan intern pada perusahaan yang tidak
bertentangan dengan kebijakan perusahaan.
4. Memperbaiki dan menyempurnakan segeneap segi penataan agar
tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
5. Membimbing bawahan dan mendelegasikan tugas-tugas yang
dapat dikerjakan oleh bawahan secara jelas.
D. Operational Manager
Operational Manager merupakan pimpinan dalam divisi operasi yang bertugas untuk
mengatur, mengendalikan dan melaksanakan tugas operasional.
Tugas dan wewenang Operational Manager :
1. Mengawasi kegiatan operasional perusahaan.
2. Merencanakan, mengendalikan, dan mengawasi seluruh
kegiatan operasi dalam pengembangan perusahaan sampai tuntas.
3. Mengadakan pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan di
bidang pengembangan.
Operational Manager membawahi enam sub bagian yaitu :
1. Kepala Lapangan bertugas mengatur pekerjaan di lapangan
baik operator alat-alat berat, driver, dan cleaning service.
2. Kepala Mekanik bertugas mengatur pekerjaan dalam perbaikan
alat-alat berat atau kendaraan yang rusak.
3. Assisten Mekanik
4. Operator dan Driver bertugas mengoperasikan/mengendalikan
alat-alat berat atau kendaraan sesuai perintah Kepala Lapangan.
5. Cleaning service bertugas membersihkan, dan menata kantor
maupun lapangan.
6. Operator
E. Human Management Development (HRD) Manager
Human Management Development (HRD) Manager merupakan pimpinan bagian personalia
yang bertugas untuk mengatur dan menyelesaikan perihal yang berhubungan dengan
dengan kepegawaian.
Tugas dan wewenang Human Management Development (HRD) :
1. Membantu pimpinan dalam perencanaan dan pengembangan,
mendokumentasikan data dan menyiapkan program kesejahteraan karyawan.
2. Melayani dalam perekrutan karyawan baru.
3. Mengawasi dan melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja.
4. Menyiapkan dan memberikan laporan secara berkala tentang
pelaksanaan kegiatan bagian personalia.
Human Management Development (HRD) Manager membawahi dua sub bagian yaitu :
1. Kepala keamanan bertugas mengawasi petugas keamanan dalam
menjamin keamanan dan kelancaran tugas-tugas di lapangan.
2. Satpam
F. Management Information System (MIS) Manager
Management Information System (MIS) Manager merupakan pimpinan dalam bidang
perancangan sistem sistem manajemen informasi yang bertugas merancang
program-program komputer yang akan dipergunakan untuk melaksanakan tugas-tugas
dalam perusahaan. Management Information System (MIS) Manager membawahi
programmer yang bertugas membuat dan memperbaiki sistem yang telah dirancang
oleh MIS Manager.
G. Accounting Chief
Accounting Chief merupakan pimpinan bagian pembukuan.
Tugas dan wewenang Chief Accounting :
1. Menyelesaikan administrasi pembukuan atas transaksi
keuangan yang terjadi dalam perusahaan.
2. Memeriksa penyelesaian buku induk, pos-pos material untuk
penyelesaian neraca.
3. Menganalisa laporan keuangan untuk menilai apakah
perusahaan mempunyai posisi keuangan yang baik.
Accounting Chief membawahi dua sub bagian yaitu :
1. Kasir merupakan staf yang bertugas menerima dan
mengeluarkan dana sesuai dengan transaksi yang telah terjadi dalam kegiatan
perusahaan.
2. Bagian Accounting merupakan staf yang bertugas untuk
meng-input dan menyajikan laporan keuangan.
H. Finance Chief
Finance Chief merupakan pimpinan bagian keuangan.
Tugas dan wewenang Finance Chief :
1. Membantu direksi melaksanakan fungsi manajemen dalam
bidang keuangan perusahaan, mengatur, mengendalikan, dan menyusun rencana kerja
atau anggaran perusahaan.
2. Bertanggung jawab sebagai pemegang, pengaman penerimaan
dan pengeluaran dana kas kecil (petty cash fund).
Finance Chief membawahi dua sub bagian yaitu :
1. Kasir merupakan staf yang bertugas menerima dan
mengeluarkan dana sesuai dengan transaksi yang telah terjadi dalam kegiatan
perusahaan.
2. Administrasi merupakan staf yang bertugas untuk meng-input
data-data yang diperoleh di lapangan yang berhubungan dengan operasional
perusahaan.
Komentar
Posting Komentar